Tag

, , , ,


image

Percaya atau tidak, Merokok membunuhmu. Mari kita simak kisah seorang anak dari Kosta Rika perihal rokok dan keluarganya:

Orang tua ayah saya adalah perokok. Saya tidak pernah bertemu ibunya dan saya tidak ingat ayahnya. Ini karena ibunya meninggal karena kanker paru-paru tahun sebelum saya lahir dan ayahnya meninggal karena kanker paru-paru saat berusia sekitar lima tahun. Kakak laki-laki dan ayah saya selalu bercerita tentang mereka. Ayah saya sering mengatakan bahwa nenek saya (ibunya) akan sangat bangga dengan saya, atau apa yang akan dia lakukan atau katakan dalam situasi tertentu. Saya percaya hidup saya akan berbeda jika mereka masih hidup, tapi saya tahu mereka tidak akan kembali. Ketika seseorang meninggal karena alasan apapun, hal itu tidak akan mempengaruhi hanya satu orang, hal itu akan mempengaruhi banyak orang. Saya percaya bahwa tidak ada yang harus merokok karena akan mempengaruhi orang lain selain dirinya sendiri.

Ketika saya baru-baru ini berada di Kosta Rika untuk berlibur, pemandu wisata kami (lokal) memberi tahu keluarga saya undang-undang merokok baru yang membatasi di mana dan kapan Anda bisa merokok. Saya sangat terkejut ketika mendengar undang-undang ini karena saya membenci saat saya berjalan di jalan dan saya mencium bau seseorang yang merokok. Jadi ketika saya kembali ke hotel saya, saya mencari hukum ini untuk tidak merokok. Undang-undang tersebut cukup baru sejak disahkan pada awal tahun 2012. Undang-undang tersebut melarang merokok di tempat umum termasuk pemberhentian bus dan taksi, bangunan umum, restoran, dan bar. Ada juga pajak baru sebesar 4 sen per batang rokok, iklan rokok dilarang, dan harus ada peringatan kesehatan pada setiap paket rokok. Hal ini membuat berkeliling Kosta Rika jauh lebih menyenangkan, tidak seperti berjalan menyusuri jalan di beberapa tempat di Amerika yang merokok di jalanan biasa terjadi. Lebih banyak undang-undang seperti yang diberlakukan di Kosta Rika harus juga di tempat lain di seluruh dunia.

Mark Twain, seorang penulis terkenal, pernah berkata, “Berhenti merokok adalah hal termudah di dunia. Saya telah melakukannya ribuan kali.” Maksudnya, begitu Anda mulai merokok, itu menjadi kecanduan dan ketika mencoba berhenti, tapi tidak bisa. Asap rokok mengandung 7.000 bahan kimia, dengan ratusan yang beracun dan sekitar 70 yang bisa menyebabkan kanker. Hal ini membuat saya sulit untuk mengerti mengapa orang-orang mulai merokok.

Iklan