Tag

, , , , , ,


Disadur secara bebas dari tulisan oleh Jake Huhn

Assessing New Technology

Kita hidup di revolusi digital, dan seperti revolusi industri  kemajuannnya benar-benar eksponensial. Kita mendengar tentang smartphone baru, aplikasi baru  dan teknologi baru setiap hari. Dengan begitu banyak teknologi baru, bagaimana Anda memilah-milah itu relevan atau hanya “sampah” bagi kita sebagai Profesional Pembelajaran? Ada beberapa hal yang luar biasa di luar sana … tapi “teknologi ” bisa berubah menjadi sesuatu yang membuang-buang waktu.

MENGAPA KITA PERLU MEMILIKI DAFTAR PERIKSA (CHECKLIST)?

Presiden Bottom-Line Performance Sharon Boller mengembangkan Checklist Evaluasi Teknologi   bagi dirinya sendiri untuk membantu perusahaan membuat keputusan adopsi teknologi yang lebih cerdas. Banyak teknologi baru terdengar menarik … tapi “tidak semua yang gemerlap adalah emas”. Kita membutuhkan  untuk objektif lebih jauh mengevaluasi teknologi dan memisahkan yang baik dari yang buruk.

Setelah beberapa keberhasilan menggunakan checklist internal, Sharon menyajikan checklist evaluasi teknologi  kepada institusi lain … dan responsifnya positif. Ternyata orang lain juga sedang mencari alat untuk mengevaluasi teknologi baru.

PROSES EVALUASI TEKNOLOGI 

Pindai

Proses ini dimulai dengan memindai (scanning) untuk teknologi yang relevan. Pastikan Anda terhubung dengan blog, jejaring sosial, kolega, konferensi dll untuk melihat apa yang “panas” atau membuat orang penasaran di bidang Teknologi Pembelajaran. Anda juga harus mengikuti pemikiran  pemimpin di bidang ini untuk melihat di mana energi dan diskusi mereka terfokus. Dari apa yang Anda kumpulkan, perhatikan teknologi yang berhubungan dengan hal-hal yang paling Anda harus lakukan sesuai prioritas.

Fokus

Ini masih tentang kebutuhan. Anda harus peduli, khususnya menyelaraskan teknologi baru dengan kebutuhan yang Anda miliki. Hanya karena semua orang “berdengung” (baca: latah) tentang aplikasi baru yang “panas”, tidak berarti itu tepat untuk organisasi Anda. Jika Anda tidak memiliki kebutuhan, itu hanya membuang-buang waktu dan usaha. Anda harus mencocokkan teknologi yang “panas” sesuai kebutuhan, usaha, atau masalah Anda yang muncul. Jangan mencoba untuk fokus pada semuanya sekaligus .

Catatan : Cari alat untuk membantu Anda melacak apa yang Anda fokuskan seperti – Evernote , Pocket , atau beberapa jenis writeboard bersama. Pastikan semua orang pada halaman yang sama.

Evaluasi

Setelah fokus Anda dibuat, Anda dapat melakukan pendalaman pada teknologi yang relevan. Mulailah meneliti pilihan harga dan mendaftar untuk uji coba gratis teknologi yang ingin dipakai jika memungkinkan. Ini adalah tahap utama untuk menggunakan checklist. Di sinilah Anda mempertimbangkan biaya, risiko, keuntungan, dll. Pastikan untuk berbicara dengan rekan-rekan Anda ketika mengevaluasi. Sama seperti ketika Anda melakukan pengujian melalui permainan (game), perspektif baru yang segar dapat membantu Anda menangkap hal-hal yang  mungkin telah terjawab.

Memutuskan

Berdasarkan evaluasi, Anda dapat memutuskan untuk menerapkan teknologi baru, mengabaikan saja, atau memantau untuk kemungkinan re-evaluasi nantinya -mungkin alat bantu ini akan menjadi besar manfaatnya untuk perusahaan Anda.

techevaluation

Download Daftar Periksa (Checklist) Evaluasi Teknologi Bagi Profesional Pembelajaran Disini

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=b_-GiheiIoQ]