Tag

, , , , , , ,


Dengan pertumbuhan dan pembangunan yang cepat  di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, pendidikan mengambil dimensi dan sudut baru  dimana  lembaga pendidikan dan guru telah mulai mengikuti teknik-teknik baru dalam proses pendidikan. Dan dengan demikian ada perubahan besar dalam sistem pendidikan bila dibandingkan dengan sistem  pendidikan terdahulu, khususnya di negara yang berkembang cepat seperti Indonesia. Dengan demikian pendidikan telah didefinisikan kembali berdasarkan  pentingnya teknologi dan internet di dunia saat ini.

Namun untuk mengingat hakekat dan filosofi pendidikan, di sini disampaikan langkah-langkah tertentu yang perlu diikuti dalam proses pembelajaran untuk menghasilkan produk pendidikan  yang efektif:

  1. Mengamati hal-hal di sekitar kita adalah langkah pertama dalam proses pembelajaran. Manusia mulai belajar hanya dengan melakukan pengamatan hal-hal di sekitar mereka yang membantu mereka untuk mengetahui dan memahami berbagai hal. Jelaslah bahwa manusia adalah pengamat yang baik dari hal-hal di sekelilingnya. Mereka terus belajar banyak hal dalam hidup mereka hanya dengan pengamatan mereka dari hal-hal ini. Dan ketika mereka tertarik dalam mengamati hal-hal alami mereka cenderung untuk menganalisis hal-hal yang mereka telah diamati dengan cara mereka sendiri dan dengan demikian memulai proses berikutnya untuk menganalisis.
  2. Ketika manusia mendapatkan pengetahuan yang cukup tentang berbagai hal hanya dengan mengamatinya, mereka secara otomatis cenderung menganalisis hal-hal itu dengan cara mereka sendiri. Mereka mulai memperoleh pengetahuan melalui observasi mereka dan kemudian mereka mencoba untuk mengembangkan pengetahuan yang diperoleh dengan cara menganalisis pengamatan mereka dari berbagai hal. Dan dengan demikian, otak mereka diasah dan mereka mulai merambah hal-hal baru setelah banyak menganalisis dan dengan demikian memulai proses belajar berikutnya  yang merupakan sintesis dari berbagai hal
  3. Setelah melakukan analisis berbagai hal, manusia memulai sintesis dari pengamatannya dan kemudian keluar dengan  tesisnya sendiri dalam cara baru dan inovatif  untuk kesejahteraan umat manusia. Jadi jika kita melihat kembali ke dalam kehidupan seorang manusia purba, kita dapat memahami bagaimana manusia  mengamati hal-hal dan bagaimana ia belajar dari rasa ingin tahu dan kebutuhannya sendiri. Kemudian dia membuat berbagai penemuan yang baru dari berbagai hal untuk kesejahteraan umat manusia dan masyarakat. Sepertinya sekarang hampir semua langkah terakhir dalam proses pendidikan adalah mengingat berbagai hal dari masa lalu hingga saat ini.
  4. Jadi mengingat memainkan peran penting dalam proses belajar dimana siswa perlu mengingat berbagai hal sehingga mereka dapat belajar lebih banyak lagi dan mencoba untuk menjelajah hal-hal yang  baru dalam hidup untuk peningkatan standar hidup mereka. Dan dengan demikian mereka menggunakan pengetahuan yang diperoleh tidak hanya untuk mendapatkan penghidupan bagi mereka sendiri dan keluarga mereka, tetapi juga untuk kesejahteraan seluruh umat manusia dan masyarakat. Oleh karena itu tujuan akhir dari pendidikan adalah manusia seutuhnya. Pendidikan memainkan peran kunci dalam membuat individu untuk menyesuaikan dirinya  dalam masyarakat dan dengan demikian memungkinkan individu terssebut untuk mentransfer pengetahuan kepada orang lain untuk kesejahteraan masyarakat dan umat manusia. Selain itu, pendidikan membantu individu dalam mempertahankan hubungan baik dalam masyarakat yang sangat penting bagi kehidupan yang sehat dan damai.

[youtube www.youtube.com/watch?v=DHtdp_8GHMA]