Tag

, , , , , , ,


Beberapa waktu yang lalu saya menghadiri penandatangan MOU antara STMIK DCI Tasikmalaya dengan Southern Leyte State University. Mengapa ini perlu dilakukan? Apa manfaatnya bagi kedua belah fihak? Bagaimana dampaknya ke depan bagi kedua institusi?

Pendidikan tinggi adalah variabel ekonomi yang mempengaruhi semua negara industri atau berkembang. Namun, untuk memenuhi prioritas kebutuhan dari masyarakat, sebuah pendekatan lebih fleksibel diperlukan dalam setiap aspek pendidikan tinggi, yaitu: pengelolaan sistem dan institusi, struktur dan isi kurikulum dan link ke dunia kerja. Oleh karena itu semangat proaktif dan kompetitif diperlukan pendidikan tinggi  untuk mewujudkan potensinya. Meskipun banyak kemajuan telah dibuat, masih banyak yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa pendidikan tinggi membahas kebutuhan masyarakat dalam memproduksi tenaga terdidik serta dapat memberikan kontribusi ilmiah pengembangan teknologi, ekonomi, sosial dan budaya tidak hanya di negara mereka sendiri tetapi juga internasional.

Transmisi pengetahuan terus menjadi tujuan utama lembaga pendidikan tinggi, tetapi ini harus diimbangi dengan kecukupani pasar tenaga kerja sehingga diperlukan keahlian yang mumpuni. Pemimpin pendidikan tinggi menghadapi tugas kompleks dalam peramalan untuk membantu memastikan kebijakan, sistem, lembaga dan sumber daya manusia yang baik untuk abad ke 21. Tidak disangkal sulitnya tantangan ini untuk menggabungkan visi dan tindakan mencapai tujuan ini. Selain itu, kepemimpinan Perguruan Tinggi harus kuat menghadapi resistensi terhadap perubahan yang berjalan.