Tag

, , , ,


Manusia sering cenderung bereaksi berlebihan terhadap hidupnya. Kita terlalu terluka dalam berbagai hal. Kita terlalu banyak memompa adrenalin, dan hal-hal kecil terlalu cepat menjadi besar. Hidup sebagian besar waktunya menjadi sebuah opera sabun saat benar-benar itu tidak harus terjadi.

Masyarakat mengajarkan kita bahwa pria dan wanita secara emosional reaktif dengan cara yang berbeda. Wanita dituduh mengekspresikan emosi mereka terlalu banyak; dimana pria yang seharusnya menyembunyikan emosi mereka. Pria telah belajar untuk menutupi emosi mereka untuk beberapa hal, tetapi mereka tidak dapat menutupi perasaan ini dari diri mereka sendiri.

Proses penghancuran dan tabrakan serta tumpahan pada semua hubungan melalui berbagai tingkat yang telah disebut adalah proses penyesuaian perkawinan. Dibutuhkan banyak pasangan untuk beberapa tahun sebelum percampuran kepribadian terjadi. Proses ajaib ini cenderung bekerja lebih cepat dan lebih efisien jika kita dapat mengontrol emosi kita dan tidak terbawa ketika emosi kita tinggi.

Sibernetika adalah ilmu yang berhubungan dengan studi perbandingan sistem kontrol manusia, seperti otak dan sistem saraf. Sibernetika juga mengacu pada sistem syaraf yang kompleks. Dalam Sibernetik ada frase kenikmatan, suatu umpan balik yang tak terkendali. Ini menggambarkan bagaimana impuls syaraf dapat benar-benar keluar dari tangan, berhubungan bolak-balik satu sama lain, tidak bisa berhenti.

Orang tidak harus melihat lebih jauh untuk melihat perilaku menyimpang di kalangan orang dewasa. Misalnya, Rapat di kantor kadang-kadang tak terkendali seperti yang kita menumpahkan emosi masing-masing, baik negatif dan positif. Orang-orang pada usia berapa pun dapat menjadi tidak masuk akal. Keluarga juga dapat menumpahkan emosi satu sama lain dan dapat dengan cepat menjadi baik sangat positif atau negatif. Umpan balik Sibernetika menghasilkan “Multiplier Effect” (Efek Berganda).

Dalam satu keluarga, sebuah contoh dari sebuah “umpan balik tak terkendali sibernetik” akan terjadi saat seorang ibu tiba di rumah serta menemukan anak remajanya  mengerjakan pekerjaan rumah melainkan menonton TV. Semua suasana hati yang baik seorang ibu tiba-tiba kusut. Musik anak perempuannya tersebut terdengar terlalu keras, rumah tampak berantakan, tidak ada yang tersedia untuk makan malam dan suaminya bertanya-tanya apa masalahnya? Dapatkah Anda memikirkan contoh terkendali loop umpan balik sibernetik dalam keluarga Anda?

Ketika kita berusaha untuk berkomunikasi secara efektif dengan satu sama lain dalam keluarga kita, keseimbangan terletak pada bagaimana kita mengelola untuk menjaga emosi positif.  Hidup dalam hubungan kita yang sangat erat satu sama lain dapat meminimalkan simpang siur emosi negatif yang dapat dengan mudah keluar dari kontrol.

Bagaimana individu menenangkan diri ketika mereka terlalu emosional?

  • Biarkan orang lain tahu bahwa Anda perlu timeout (jeda sesaat). Kembali ketika Anda tenang, kemudian dengarkan, bicara dan mencari solusi.
  • Sadarilah bahwa ada hubungan pikiran negatif satu sama lain, begitu juga pikiran positif.
  • Bersihkan kepala Anda dengan menghitung mundur dari 10 atau 20.
  • Bayangkan sebuah adegan yang menenangkan atau santai.
  • Jangan melihat seluruh situasi, melainkan memecahnya menjadi bagian-bagian kecil yang tidak muncul emosi yang begitu kuat.
  • Baik pria dan wanita, perlu belajar untuk berbicara dan mengekspresikan diri.

Bagaimana kita memberikan pengaruh positif bagi keluarga?

  • Memantau dan membatasi tayangan yang tidak memberikan hal positif yang berhubungan dengan manusia, termasuk acara seperti sinetron, reality show TV, film, video game kekerasan, surfing situs Web yang tidak sehat.
  • Beri batas waktu keluarga untuk menunjukkan dan membuat semua orang menyadari adanya umpan balik sibernetik tak terkendali seperti yang sering terjadi. Gunakan kata kode yang memiliki arti bagi keluarga. Satu keluarga menggunakan nama “Charlie” karena itu merupakan nama anjing yang  mereka miliki serta tidak terkendali.
  • Pikirkan tentang saat ketika keluarga Anda mengalami umpan balik sibernetik tak terkendali. Bagaimana mulainya? Apa yang terjadi? Bagaimana bisa dihindari lain kali? Ketika emosi tenang, bersenang-senanglah dengan bermain peran situasi ini sebagai sebuah keluarga sehingga semua orang bisa merasakan bagaimana bisa dilakukan secara berbeda. 
 John D. DeFrain, Extension Specialist, Family and Community Development; Jeanette L. Friesen, Extension Educator; Gail L. Brand, Extension Educator; Dianne M. Swanson, Extension Educator